10 Trik Ampuh Merawat Baterai Smartphone Anda Tetap Hemat, Tahan Lama dan Awet

watch_later 16 June 2015

Hi Bloggers,
Selamat datang di ZOROBLOG.com - Superhero Tools Gratisan

ZOROBLOG.com

Cara Merawat Baterai Smartphone Tetap Awet dan Tahan Lama

10 Cara Merawat Baterai Smartphone Tetap Awet dan Tahan Lama
Merawat Baterai Hp merupakan hal yang sangat jarang diperhatikan dan dilakukan oleh setiap orang yang memiliki smartphone. Padahal, apabila baterai smartphone anda, anda rawat dengan baik dan benar tentu saja akan menambah usia dan keawetan si Smartphone juga. Untuk itu, Pada postingan kali ini QooTech akan mencoba membagikan kepada anda tips dan trik cara merawat baterai hp yang benar.

Cara Merawat Baterai Smartphone Tetap Awet dan Tahan Lama

10 Cara Merawat Smartphone Tetap Hemat dan Awet
1. Jangan Gunkana Smartphone anda pada saat pengisian baterai.
Baik saat Hp anda dicharge melalui stopkontak listrik maupun power bank, sebaik jangan digunakan dulu pada saat pengisian baterai. Hal ini dapat mengakibatkan kebocoran pada baterai anda, karena apabila Hp yang sedang dicharge dipakai akan semakin menaikkan suhu dari baterai tersebut jadi semakin panas, yang ujung-ujungnya akan bocor.

2. Memperhatikan Suhu Smartphone
Masih berhubungan dengan suhu, seperti yang dikatakan sebelumnya apabila suhu smartphone anda semakin panas itu dapat mengakibatkan kebocoran pada si baterai. Untuk itu, sekarang ini sudang banyak aplikasi yang dapat mengecek suhu hp secara langsung. Nah, apabila suhu dari smartphone anda sudah mencapi batas maksimal( biasanya ditandakan oleh pemberitahuan aplikasi suhu hp berubah menjadi warna merah) karena anda memakainya tanpa henti, cobalah untuk mengistirahatkannya sejenak dan letakkan smartphone anda ditempat yang dingin.

3. Jangan sampai Baterai anda dibawah 20%
Tips merawat baterai smartphone ke-3 ini sering dicueki oleh para pengguna smartphone, padahal sudah banyak riset teknologi yang membuktikan kebenaran bahwa menggunakan hp sampai baterai low bat dibawah 20% akan merusak sibaterai sendiri. Oleh karena itu, cobalah untuk mencharge smartphone anda apabila baterainya sudah 20%.

4. Matikan Smartphone pada saat di Charger
Karena, apabila anda mencharger smartphone dalam dalam keadaan menyala itu samaja seperti menggunakan smartphone pada sedang dicharger. Karena walaupun hp anda sedang anda charger dan anda tidak memakai, itu samaja anda memakainya karena beberap program tetap berjalan walau smartphone dipakai.

5. Bersihkan Widget DiTampilan Home Screen.
Jangan terlalu banyak menampilkan widget ditampilan Home screen smartphone anda, karena itu akan menambah daya baterai saat awal anda menyalakannya

Baca Juga :  5 Tips Memilih Smartphone yang paling tepat agar nantinya tidak salah beli smartphone

6. Mematikan Aplikasi Tidak Penting
Apabila anda tidak memakai smartphone anda, sebaiknya matikan terlebih dahulu beberapa aplikasi-aplikasi yang tidak berguna yang menguras daya baterai anda. Contohnya yaitu mematikan Bluetooth, Wifi, Gps, dan aplikasi lainnya.

7. Jangan Gunakan Screensaver atau animasi ditampilan home smartphone anda
Meskipun smartphone anda akan kelihatan keren dan lucu dengan animasi-animasi bergerak ditampilan layarnya, itu sebenarnya cukup menguras banyak baterai secara sia-sia

8. Bahaya, jangan gunaka smartphone sampai mati total
Seperti pembahasan dipoin ke-2 diatas, hal ini jauh lebih bahaya apabila tidak anda perhatikan. Menggunakan smartphone hingga baterai 0% itu akan merusak piranti tertentu dalam sismartphone karena diproses mematikannya tidak dilakukan dengan normal. Sama seperti saat anda menggunakan Laptop hingga 0%, pada saat laptop dihidupkan kembali tampilan awal layar akan Black Screen atau bahkan sampai harus install ulang.

9. Atur Pencahayaan atau Brightness layar smartphone
Mengatur pencahayaan layar smartphone anda terlalu terang itu akan menguras banyak daya baterai, untuk itu atur brightness smartphone anda secara bijak. Seperti mengatur levelnya hingga L. 9 saat berada diluar ruangan dan menurunkan Level brightness ke L. 2 saat berada didalam ruangan.

10. Install Aplikasi Battery Saver atau sejenisnya.
Tips terakhir adalah, install dismartphone anda aplikasi sejenis pemantau daya baterai karena efeknya akan sangat besar terhadap usia baterai Hp anda. Adapun manfaat dari aplikasi ini yaitu, seperti dipoin ke-2 tadi untuk memantau Temperatur suhu dan dapat juga menghentikan proses aplikasi yang tidak penting untuk menjaga kehematan baterai smartphone.

Demikian Tips dan Trik Cara Merawat dan Menghemat baterai smartphone. Bila informasi ini bermanfaat silahkan dishare keteman pengguna smartphone lainnya agar baterai smartphone mereka terselamatkan.

STOP!!!
Bagikan postingan ini ke facebook dan Baca juga postingan-postingan keren lainnya :